Wednesday, November 2, 2011

KONSEP DASAR PEMMOGRAMAN

Program komputer adalah sekumpulan instruksi yang dikenal oleh komputer dan disusun menurut urutan yang logis untuk menyelesaikan suatu masalah. Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dapat diterjemahkan menjadi kumpulan perintah-perintah dasar tersebut. Penerjemahan dilakukan oleh program komputer yang disebut kompilator. Bahasa pemgrogram tingkat dasar, sebagai hirarki pertama, disebut juga bahasa generasi pertama, bahasa ini sangat tergantung pada jenis CPU yang dipakai oleh komputer itu. Bahasa ini sangat sulit dipelajari, karena sifatnya yang sangat tergantung pada mesinnya itu 2 (machine dependent). Untuk menguasai bahasa ini, harus dipelajari dan dikuasai teknologi dan arsitektur komputer, matematika diskrit, elektronika, dan lain-lain. Bahasa ini masih menggunakan simbol-simbol yang bersifat mnemonic.
Bahasa pemrograman tingkat tengah, sifatnya sudah lebih mudah daripada bahasa pemrograman tingkat dasar, perintah-perintahnya sudah lebih mudah dibaca sebab sudah menggunakan huruf-huruf.
Bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa komputer yang sudah mirip dengan bahasa manusia. Perintah-perintahnya sudah dibuat dalam bahasa yang mudah dimengerti manusia, seperti PRINT, WRITE, IF, THEN, ELSE, dan lain-lain.

PEMROGRAMAN DAN BAHASA PEMROGRAMAN
Pemrograman dapat diklasifikasikan sebagai berikut [Rechenberg]:
1. Berorientasi prosedur (procedural oriented)
2. Berorientasi fungsi (functional oriented)
3. Berorientasi logik (logic oriented)
4. Berorientasi obyek (object oriented)

Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Kadangkala dalam membangun suatu aplikasi dibutuhkan gabungan metode pemrograman tersebut. Misalnya dalam C++ dan Java (bahasa pemrograman berorientasi obyek), kita masih dapat menemukan tehnik-tehnik pemrograman berorientasi prosedur dalam setiap method/function member dalam obyek-obyeknya.
Suatu bahasa pemrograman pada asalnya hanya dapat digunakan dalam satu metode. Pascal mulanya untuk procedural-oriented, Lisp untuk functional-oriented, Smaltalk untuk object-oriented dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan tehnologi informasi dan komputer, puluhan bahkan ratusan bahasa pemrograman baru lahir. Masing-masing memiliki keunikan dan kelebihan spesifik. Ada yang khusus untuk jenis komputer tertentu, ada pula yang khusus untuk paradigma pemrograman tertentu.



PRINSIP BAHASA

            Suatu bahasa program harus dirancang untuk memudahkan agar dapat dibaca dan ditulis untuk para pemakai manusianya dan pelaksanaan efisien pada perangkat keras yang tersedia.
Keadaan dapat dibaca dan ditulis dimudahkan oleh prinsip yang berikut.

Prinsip Kesederhanaan
Bahasa harus didasarkan atas yang paling sedikit

Prinsip Orthogonal
Fungsi mandiri harus dikendalikan oleh mekanisme mandiri.

Prinsip Keteraturan
Satu set object disebut reguler berkenaan dengan kondisi beberapa jika, dan hanya jika, kondisi dapat digunakan untuk masing-masing unsur set.

Prinsip Sifat Ekstensibilitas(dapat diperpanjang)
Object baru dari tiap kelas sintaktis mungkin dibangun (digambarkan) dari dasar dan digambarkan membangun dengan suatu cara sistematis.
Prinsip keteraturan dan ekstensibilitas memerlukan konsep dasar bahasa harus diterapkan secara konsisten dan yang bersifat universal.
SINTAKS
            Sintaks CSS terdiri dari tiga bagian: pemilih atau selektor (selector), sifat atau properti (property), dan nilai (value). “Selektor” biasanya adalah elemen atau tag HTML yang akan didefinisikan, “properti” adalah atribut yang akan diganti dengan “nilai” tertentu. Properti dan nilai dipisahkan dengan tanda titik dua (:) dan keduanya diapit oleh tanda kurung kurawal ({).
Jika suatu nilai mengandung spasi, nilai tersebut harus diapit dengan tanda petik ("). Untuk memberikan lebih dari satu properti bagi suatu selektor, pisahkan setiap kombinasi “properti:nilai” dengan tanda titik koma (;). Untuk membuat definisi gaya lebih mudah dibaca, definisi tiap properti dapat dilakukan per baris.
 
Contoh:
p { color: black }
div { font-family: "sans serif" }
pre { text-align:center; color:red; }
blockquote {
  text-align: center;
  color: black;
  font-family: arial

DATA

       Data  merupakan bahan yang akan di olah menjadi informasi sehingga daat digunakan oleh user atau pengguna .

1.      Tipe data dasar
      Merupakan tipe data primitif yang tidak terstruktur yang didefinidikan oleh bahasa pemograman .
Tipe data dasar dibagi 5 :
1.      Tipe data numerik
      Yaitu tipe data yg disetiap bahasa pemograman dapat dipastikan terdapat tipe data numerik seperti untuk menyimpan data yg berupa angka.

2.      Enumerasi
      Suatu urutan list dari nilai yg berbeda

3.      Boolean
      Tipe data untuk mempresentasikan true atau false

2.      Tipe data terstruktur
      Merupakan tipe data campuran dari berbgai tipe dasar, contohnya : array, reccord, string, list dan file.

3.      Tipe data penunjuk
      Contoh tipe data ini adalah pointer

4.      Tipe data didefinisikan oleh pemakai
      Tipe data ini disebut Enumerasi

 
MODEL KOMPUTASI

  Ada tiga model dasar komputasional : Fungsional, Logika, dan Imperatif. Sebagai tambahan terhadap satuan nilai dan operasi yang berhubungan, masing-masing model komputasional mempunyai satu set operai yang digunakan untuk menggambarkan komputasi .

DEFINISI SINTAKS DAN SEMANTIK

    Sintaks : Aturan gramatikal atau komposisi suatu program yg mengatur tata cara penulisan huruf, angka, dan karakter .

     Semantik : mendefinisikan arti dari suatu program yang benar secara sintaks dari bahasa pemograman tsb.

No comments:

Post a Comment